TMMD Ke-98 di Desa Pesucen Sukses Kerjakan RTLH, Jembatan dan Jalan

  22 Agustus 2017  |  DESA PESUCEN

Peninjauan lokasi TMMD ke 98 di Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro dilakukan rombongan terdiri dari Kolonel (Inf) Kusno Hendarto (Staf ahli Pangdam V Brawijaya), Dandim 0825 Letkol (Inf) Robby Bulan serta Yusuf Wabup Yusuf Widyatmoko beserta staf dari TNI dan Pemerintahan.

Rombongan diterima oleh Kepala Desa Pesucen beserta perangkat desa dengan perayaan dan sajian sederhana nan merakyat.

Pemaparan hasil dari TMMD 98 Desa Pesucen dipaparkan oleh Kapten Heriyanto Pasitermas melalui data berupa foto-foto yang telah dipersiapkan.

Setelah itu rombongan menuju lokasi untuk seremonial pemotongan pita sebagai bentuk peresmian. Rombongan disediakan motor trail karena medan lokasi cukup jauh dan dari kondisi medan yang tidak memungkinkan untuk berjalan kaki maupun roda empat.

Kolonel (Inf) Kusno Hendarto diberikan kehormatan untuk memotong pita di lokasi jembatan hasil TMMD.

Sebelum memotong, beliau berharap agar pembangunan jalan dan jembatan ini bisa barokah dan bermanfaat terutama untuk tranportasi komoditas yang ada di sekitar Pesucen, sehingga menjadikan kemudahan peningkatan taraf hidup masyarakat lokasi TMMD 98.

Sementara Wabup Yusuf Widyatmoko diberikan kesempatan untuk melakukan ritual adat memecah kendi yang berisi air bunga. Peresmian ditutup dengan doa dari sesepuh masyarakat setempat.

Perjalanan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi bedah rumah yang berada di dusun Bangunrejo, Desa Pesucen. Selain perbaikan fasilitas umum, TMMD juga menyisir rumah tak layak huni menjadi layak huni. Ada 2 rumah yang dijadikan contoh dalam kunjungan.

Dalam pernyataannya, Wabup berterima kasih kepada teman-teman TNI yang sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memperbaiki kondisi infrastruktur rumah yang tidak layak sehingga masyarakat bisa langsung menikmati.

TNI turun langsung bisa berbaur dengan masyarakat merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.

“Kelanjutan sesudah TMMD ini akan bertahap dan dilakukan sama dengan TMMD yang ada. Kami akan koordinasikan dengan pendanaan dan survey lokasi mengenai lokasi TMMD yang akan datang,” ujarnya.

Senada dengan Wabup, Dandim Robby Bulan menyatakan bahwa Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) merupakan program dari TMMD dengan anggaran dari Pemda dengan TNI sebagai pelaksananya. Total ada 20 rumah dan seluruhnya dikerjakan di satu desa.

Kepala Desa Pesucen, Sugihartono, menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program ini. Harapan kedepannya, pihaknya bisa memanfaatkan dan merawat agar apa yang sudah dibangun tidak cepat rusak.

Itianah (45), warga yang rumahnya masuk dalam program RTLH menyatakan terima kasih dan senang. Semoga yang belum dapat bisa mendapatkan fasilitas yang sama.

Dalam pernyataannya Istianah menyatakan rumah sekarang lebih rapi dan sehat, beda dengan rumah sebelumnya.

Hasil TMMD Kodim 0825 Banyuwangi sejak 5 April hingga 4 Mei telah mencapai target, yakni pemasangan batu jalan sepanjang 1,88 kilometer, bedah 20 rumah ditambah 1 rumah sebagai operpretasi.

Selain itu dilakukan pula penyuluhan kepada masyarakat terkait pertanian, bahaya narkoba, terorisme, Pamrakarsa, program KB hingga bahaya HIV sebagai bentuk pembangunan non fisik.

Semua kegiatan dilakukan di sasaran TMMD, yakni Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan kunjungan ditutup dengan sesi foto bersama antara jajaran beserta masyarakat. Terlihat senyum raut muka bahagia. TNI manunggal bersama rakyat.

 

Sumber : http://m.jatimtimes.com/baca/153159/20170506/234607/tmmd-ke98-di-desa-pesucen-sukses-kerjakan-rtlh-jembatan-dan-jalan

Contact Details

  Alamat :   Jln.Mahoni No.101 Ds.Pesucen Kec.kalipuro Kab.Banyuwangi Kode Pos 68455
  Email : desapesucen@gmail.com
  Telp. : (0333) 3384798
  Instagram : desapesucen
  Facebook : desapesucen
  Twitter : DesaPesucen


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi